Tips Sederhana Menjadi Penawar Ulung

Investment / 6 September 2010

Kalangan Sendiri

Tips Sederhana Menjadi Penawar Ulung

Lestari99 Official Writer
4378

Jadilah penawar ulung di pasar loak dan raih kesuksesan dengan strategi sederhana yang cerdas ini.

Persiapan Sebelum Membeli

Buatlah daftar barang apa yang Anda cari dan ketahuilah semua detail yang berhubungan dengannya, misalnya saja berapa banyak ruang yang Anda butuhkan dan miliki untuk cermin berbingkai di atas perapian Anda (gunakan meteran). Jika Anda mencoba untuk mencocokkan warna atau gaya seperti yang Anda inginkan, bawalah contoh potongan warna atau contoh fotonya.

Menemukan Barang Yang Anda Inginkan

Carilah melalui website-website penjualan yang bisa Anda dapatkan dengan mengetik keyword nama barang yang Anda inginkan.

Perkirakan Waktunya Dengan Tepat

Pemesanan awal mendapatkan pilihan barang yang terbaik, sementara yang membeli belakangan mendapatkan harga penawaran yang terbaik (para penjual tidak ingin membawa barang-barang jualan mereka pulang kembali ke rumah). Jika Anda melihat sebuah barang yang harganya berada di luar kisaran harga Anda, tawarkan untuk meninggalkan nomor ponsel Anda seandainya vendor masih memiliki barang tersebut sampai batas akhir penjualan dan ingin menurunkan harganya.

Yang Tidak Boleh Anda Pakai

Tinggalkan perhiasan yang mencolok, jam tangan yang bagus, dan baju bermerk di rumah: para penjual biasanya mengukur para pembeli dari pakaian mereka dan memberikan harga yang sesuai dengan ‘kelas’nya. Lagipula, mencari barang yang Anda inginkan akan menjadi lebih mudah bila Anda tidak dibebani dengan segala macam pernak-pernik di tubuh Anda. Jadi, simpanlah dompet, kunci dan air minum ke dalam sebuah tas bahu yang kosong dan Anda masih dapat menyimpan barang-barang pembelian kecil ke dalamnya – jangan sulap barang-barang belanjaan Anda menjadi tas tangan yang besar.

Jangan Perlihatkan Uang Anda

Tawar-menawar akan berjalan dengan lebih baik bila Anda dapat berkata, “Tapi saya hanya memiliki Rp 50 ribu,” dan sang penjual tidak melihat Rp 100 ribu di balik uang kertas Rp 50 ribu Anda. Simpanlah pecahan uang yang lebih kecil di dalam kantong, terpisah dari dompet Anda. Buatlah tawaran yang terbaik sambil memuji sang penjual. Jika penjual tetap tidak mau mengalah dengan harga yang ditawarkannya, mintalah penjual untuk mengeluarkan barang lainnya. Ia dapat menyetujui kesepakatan harga yang lebih baik jika Anda mengambil lebih banyak barang jualan yang ditawarkannya.

Mengetahui Angka Anda

Jika Anda berburu suatu barang yang spesifik, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah berapa harganya. Melalui website kovels.com Anda akan mendapatkan panduan harga barang-barang antik dan koleksi; eBay juga dapat memberi gambaran kepada Anda mengenai apa yang ada di pasaran dan tarifnya.

Sumber : shine.yahoo.com
Halaman :
1

Ikuti Kami